Monday, July 23, 2012

Bismillah :


Bismillahirrahmanirrahim Adalah kalimat ke agungan, kata Bismilah terdapat tiga rangkaian kata yang mengandung arti yang agung yakni Ba (bi), Ism dan Allah.

a.Huruf Ba yang dibaca Bi yang berati "dengan" bisa dikatakan dalam artian "kekuasaan dan pertolongan". Pengucapan Bismillah seakan-akan berkata "dengan kekuasaan Allah dan Pertolongan-Nya" apa yang sedang dikerjakan akan dapat terlaksana.

b.Kata "Ism" berasal dari kata as-sumuw yang memiliki arti tinggi dan mulia. Nama disebut isme karena ia seharusnya dijunjung tinggi atau karena in menjadi tanda bagi sesuatu.

c. Kata Allah, dari kata walaha yang memiliki makna mengherankan atau menakjubkan.
Menurut sebagian ulama mengungkapkan bahwa kata Allah  berasal dari Aliha - ya'lahu yang berati menuju dan bermohon.

Sementara kata Rahim di berikan secara khusus oleh Allah kelak nanti di alam akhirat yaitu hanya bagi mereka yang beriman dan mensyukuri segala kenikmatan yang telah dianugrahkan kepada mereka. Kasih sayang-Nya secara khusus diberikan kepada hamba-hamba-Nya yang mengabdikan dirinya kepada Allah dan yakin bahwa semua kenikmatan adalah bersumber dari Allah.

Rasullullah SAW berpesan kepada sahabatnya " Bersegeralah kalian berbuat baik dan perkuatlah hubungan kepada Allah. Dan ketahuilah bahwa amal kalian tidak menjamin kalian masuk surga.

Wallahu a'lam,

0 comments:

Post a Comment

Usaha Lampu Emergency 3 in 1

~ Man Jadaa Wa Jadda ~. Powered by Blogger.