Friday, July 27, 2012

Bagaimana cara mengundang Pertolongan Allah SWT :

Firman Allah : "hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan" (QS. Al-Fatihan ; 5)

Beberapa hal yang dapat mengundang pertolongan Allah SWT,Insya Allah yakni :

1.Sabar :

Firman Allah : Hai orang-orang yang beriman, mohonlah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan sholat. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar (QS.Al-Baqarah : 153)

Orang sabar bukan bearti orang yang diam saja dan pasrah menati takdir tanpa usaha, jika baru menghadapi kegagalan segeralah mengembalikan persoalan kepada Allah sambil mencari  sebab dan memperbaiki akibat kegagalan tersebut agar tidak terulang kembali.

2.Sholat :

Sholat menunjukan ketundukan seseorang atas kekuasaan Allah bahwa segala sesuatu tidak akan terjadi tanpa adanya izin dari Allah SWT.
Halnya Rasullullah ketika menghadapi persoalan hidup, seperti rumah tangga, sosial, urusan dunia atau agama beliau pergi ke Masjid untuk melakukan sholat guda mendapatkan pertolongan Allah SWT.

3. Menolong sesama :

Rasul bersabda : Allah akan menolong seorang hamba selama ia mau menolong saudaranya.
Pertolongan Allah bagian dari balasan kebaikan yang pernah kita lakukan dalam membantu sesama manuasia yang sedang mengalami kesusahan baik itu materi,tenaga,ilmu,nasihat.
Bentuk dari pertolongan dari allah akan di dapat tidak selalu sama apa yang sudah kita perbuat terhadap orang yang kita bantu, bisa jadi bentuk berupa kemudahan rizki, kesehatan, keselamatan, keharmonisan dan lain sebagainya. Hanya saja kapan pertolongan itu datang kita tidak tahu datangnya.\

4.Menolong (Agama) Allah SWT :

Firman Allah : Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu (QS:Muhammad ; 7 )

Bukan bearti Allah membutuhkan pertolongan ummatnya tapi agar orang berjuang untuk Islam dalam arti yang luas seperti dalam bentuk mengusahakan agar ajaran Islam dapat terlaksana dalam kehidupan sehari-hari.

5. Taqwa :

Firman Allah :
.....Barang siapa bertaqwa kepada Allah niscaya ia akan membukakan jalan keluar baginya. Dan Dia memberinya rizki dari arah yang tidak disangka-sangka.....(QS:At-Thalaq : 2-3)

.....Dan Barang siapa bertaqwa kepada Allah niscaya ia menjadikan kemudahan baginya dalam urusannya (QS:At-Thalaq ; 4)

Bertaqwa adalah menjalankan apa yang diperintahkan oleh Allah (Wajib) lebih baik lagi juga melakukan yang disukai Allah (Sunnah) dan menjauhi apa yang di larang oleh Allah (Haram) juga meninggalkan yang tidak di sukai atau dibenci-Nya ( Makruh).

6. Berdo'a :

Firman Allah : Berdo'alah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu, Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina dina (QS. Al-mu'min :60 )

Semakin banyak kita panjatkan untuk berdo'a semakin Allah menyukai hamba-Nya karena berdo'a adalah Ibadah dan itu adalah kebaikan.

...Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah) bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulan permohonan orang yang berdo'a apabila ia memohon kepada-Ku, Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. (QS:Al-Baqarah :186)

Insya Allah dengan melakukan beberapa hal diatas dengan baik dan benar sesuai tuntunan Rasulullah sudah cukup mengundang pertolongan Allah dengan seijin-Nya. Amin

1 comments:

Unknown said...

amin ya rabbal alamin

Post a Comment

Usaha Lampu Emergency 3 in 1

~ Man Jadaa Wa Jadda ~. Powered by Blogger.